Tips Memotret Saat 'Low Light'


Cahaya yang redup biasanya sangat mengganggu kita dalam memotret benda di sekitar kita. Terkadang hasil foto akan menjadi gelap. Mungkin cara yang lain adalah dengan menggunakan lampu flash. Namun, terkadang lampu flash bisa mengganggu orang di sekitar kita karena kilatannya bisa mengganggu penglihatan. Apabila kita mengatur ISO menjadi sangat tinggi, bisa menimbulkan noise pada hasil foto yang dapat mengurangi kualitas foto. Lalu apa saja yang harus dilakukan?
Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para fotografer pemula.
  • Menggunakan Shutter Speed lambat dan ISO tinggi
Shutter speed lambat bisa menimbulkan blur pada objek yang bergerak sehingga kita bisa mengatur ISO menjadi lebih tinggi.
  • Menggunakan Aperture lebar
Apabila cara di atas kurang menguntungkan, maka kita bisa mengatur aperture menjadi lebih lebar seperti f/2.8 tergantung dari lensanya.
  • Menggunakan Tripod/Monopod
Apabila shutter speed sangat lambat serta tangan kita yang tidak kuat menahan kamera, kita bisa menggunakan tripod atau monopod untuk mencegah shake pada kamera. Selain menggunakan Tripod, kebanyakan lensa masa kini sudah dibenamkan sistem Image Stabilizer yang bisa meredam getaran pada kamera.
  • Gunakan Software Noise Reduction
Apabila kita menggunakan ISO tinggi, terkadang foto yang dihasilkan terdapat noise. Namun, karena zaman ini adalah zaman modern, noise bisa dihilangkan dengan sebuah software. Namun, kebanyakan software noise reduction itu tidak gratis alias bayar.
Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar