Mengenal Kamera yang Disukai Fotografer Saat Ini




Kamera merupakan alat yang paling utama dalam menciptakan seni fotografi. Setiap kamera memiliki komponen-komponen internal maupun eksternal dan setting kamera yang bisa membuat gambar yang ditangkap kamera menjadi lebih menakjubkan. Di dalam kamera, terdapat sensor gambar (image sensor) yang sangat mempengaruhi kualitas foto. Apabila kamera bersensor besar seperti kamera DSLR, maka kamera mampu menangkap lebih banyak detail dan menyerap cahaya serta mempengaruhi ruang tajam (depth of field) dari objek yang dipotret. Di bagian depan kamera, didudukan sebuah benda berbentuk tabung yang biasa disebut lensa. Lensa ini berguna untuk saluran masuknya cahaya dan untuk memfokuskan kamera terhadap objek foto.
Di zaman modern ini, banyak perusahaan kamera seperti Sony, Canon dan lain sebagainya yang telah membuat bentuk mini dari kamera DSLR namun kamera ini bukan lah kamera DSLR. Kamera ini bernama kamera mirrorless. Kamera mirrorless ini berukuran lebih kecil tetapi kamera ini dapat menghasilkan foto yang tidak kalah bagusnya dengan foto yang dihasilkan dari kamera DSLR. Kamera ini juga memiliki lensa yang bisa ditukar. Kamera mirrorless cukup digemari oleh para fotografer profesional maupun amatir.


Ada beberapa model kamera yang sangat digemari oleh para fotografer amatir maupun professional.
  • Kamera DSLR
Canon EOS 600D

Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex Camera merupakan kamera tercanggih pada masa ini. Kamera ini mempunyai lensa yang bisa ditukar dan di dalam kamera terdapat cermin yang diarahkan 45 derajat sehinggi fotografer bisa melihat objek sesuai aslinya melalui jendela bidik. Saat cermin dan lensa dibuka, permukaan sensor akan diterangi cahaya dan gambar akan terbentuk. Kamera DSLR memiliki ukuran yang besar dan berat dengan harga tertinggi mencapai 20 jutaan dan harga terendah mencapai 4,5 juta. Banyak tipe dan merek kamera DSLR yang disukai para fotografer seperti Canon dan Nikon. Untuk Canon, kamera DSLR untuk pemula seperti Canon EOS 1100D dan Canon EOS 600D. Untuk Nikon, kamera DSLR untuk pemula seperti Nikon D3100 dan Nikon D3200.
Kamera DSLR juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan :

  1. Objek yang dipotret terkesan nyata
  2. Mempunyai lensa yang bisa ditukar atau diganti
  3. Kinerja lebih baik dan cepat
  4. Kamera DSLR pada masa kini memiliki perekaman video dengan kualitas HD
Kelemahan :
  1. Ukuran yang relatif besar dan berat
  2. Harga yang dapat menguras kantong
  • Kamera Mirrorless
File:SONY NEX-7 with E 3.5-5.6 18-55 OSS.jpg
Sony Alpha Nex 7, kamera mirrorless dengan kualitas foto serupa dengan kamera DSLR

Kamera mirrorless atau kamera tanpa cermin merupakan salah satu kamera modern dan termasuk kamera yang cukup diminati oleh para fotografer karena kualitas fotonya sama dengan kamera DSLR. Disebut kamera tanpa cermin karena di dalam kamera tidak memiliki prisma atau cermin untuk memantulkan objek ke jendela bidik. Sehingga untuk melihat objek, disediakan layar digital. Kamera mirroless ini mempunyai keunggulan yaitu lensanya bisa ditukar dan diganti serta kualitas fotonya yang setara dengan kamera DSLR. Kamera mirrorless ini juga mempunyai setting-an yang sama dengan kamera DSLR seperti shutter speed, aperture, dan ISO sehingga kita bisa membuat foto menjadi lebih kreatif.


Kelebihan :
  1. Ukuran yang relatif kecil dan ringan
  2. Memiliki kualitas foto yang baik
  3. Harga yang cukup terjangkau
  4. Lensa yang bisa ditukar atau diganti
Kelemahan :
  1. Sulit melacak benda yang bergerak sangat cepat
  2. Kapasitas baterai yang lebih kecil
  • Kamera Compact/Pocket/Saku
Kamera Saku

Kamera saku ini memiliki ukuran yang relatif kecil  dengan lensa yang sudah menyatu dengan kamera serta menggunakan layar LCD untuk membingkai gambar.  Pada masa kini, para fotografer sudah mulai meninggalkan kamera dan sudah tergantikan oleh kamera smartphone yang kualitasnya semakin bagus.
Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar