Mengenal Fotografi


Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar kata "fotografi". Namun, apakah kalian tahu arti dari kata "fotografi" tersebut?
Menurut Wikipedia, Fotografi berasal dari kata Photos yang berarti cahaya dan Grafo yang berarti melukis. Jadi, fotografi adalah proses melukis foto dengan menggunakan media cahaya. Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fotografi adalah seni menghasilkan gambar melalui kamera.
Dari pengertian fotografi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa fotografi adalah sebuah karya seni dengan menggunakan media cahaya dan menghasilkan gambar yang indah melalui sebuah kamera. Fotografi adalah seni. Namun, apakah setiap manusia bisa menciptakan seni? Jawabannya adalah iya. Karena seni memiliki arti sesuatu yang diciptakan manusia dan mempunyai unsur keindahan dari kreativitas. Jadi, setiap orang berhak dan wajib dalam membuat seni dengan pikiran yang kreatif.


Fotografi memberi tantangan kepada kita dalam membuat sebuah seni. Seni fotografi mempunyai beberapa faktor dan faktor tersebut dapat membuat foto kita menjadi sebuah seni.

  • Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor terpenting dalam memotret suatu objek. Tanpa cahaya, gambar yang dihasilkan tidaklah bagus dan tidak mempunyai cita rasa seni. Pencahayaan juga bisa menggugah perasaan misalnya cahaya yang terang benderang melukiskan keceriaan.
  • Kamera
Kamera adalah alat yang digunakan dalam dunia fotografi. Alat ini sangat penting dalam mengabadikan gambar. Pada tahun-tahun belakangan ini, banyak sekali vendor kamera yang menjual beraneka ragam jenis kamera supaya menghasilkan foto yang lebih baik. Namun, para fotografer lebih menyarankan bahwa membuat sebuah seni fotografi tidak lah harus menggunakan kamera mahal. Karena semahal-mahalnya kamera tersebut belum tentu bisa menghasilkan gambar yang baik dan berkualitas.
  • Fotografer
Fotografer merupakan orang yang mengabadikan foto sebuah objek dengan menggunakan kamera. Fotografer adalah kita. Fotografer sebagai brainware paling utama dalam menciptakan sebuah seni fotografi. Tanpa adanya kita sebagai fotografer, maka kamera tidak akan berfungsi dengan baik dan tidak dapat mengambil suatu objek gambar.

Jadi, dari ketiga faktor di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Fotografi adalah adalah kegiatan seni, dan jenis fotografi ada bermacam-macam. Untuk itu dibutuhkan seorang fotografer yang betul-betul mengerti seni dan jenis fotografi yang ada pada dirinya. Tetap semangat belajar fotografi dan tingkatkan kualitas fotografi Indonesia.
Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar