Apa Itu Bokeh?

Dalam dunia fotografi, bokeh merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi fotografer pro. Namun, bagi seseorang yang baru memulai hobi fotografi, mungkin kata bokeh adalah hal yang sangat asing. Apakah kalian sempat berpikir kalau bokeh itu merupakan sebutan untuk orang yang tidak mempunyai uang? Bukan.
Bokeh berasal dari bahasa Jepang "boke" yang berarti blur/kabur/tidak fokus. Jadi, bokeh adalah karakteristik foto yang menonjolkan sebuah objek utama yang fokusnya sangat tajam sementara latar belakang (dan atau depan) yang sangat kabur.

Lihat background foto di atas. Pada background terdapat bulatan-bulatan cahaya. Bulatan-bulatan cahaya itu lah yang disebut Bokeh.



Untuk membuat foto bokeh, berikut langkah-langkahnya.
  • Gunakan Aperture besar
Untuk membuat bokeh, biasanya aperture yang digunakan harus besar, yaitu f/5.6 atau f/2.8 tergantung dari lensa yang dipakai. Lensa yang memiliki aperture besar biasanya bisa membuat bokeh menjadi lebih sempurna. Lensa yang memiliki aperture besar biasanya adalah lensa non zoom atau lensa fix. Supaya pengaturan aperture menjadi lebih mudah, kita bisa mengubah mode kamera menjadi Aperture Priority (Av).
  • Jarak fokus lensa dengan objek dan objek dengan background
Semakin kecil jarak depan (jarak antara lensa dan objek) dan semakin besar jarak belakang (jarak antara obyek dan background) semakin kabur background kalian.
Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar