Rules of Thirds : Aturan Penting dalam Dunia Fotografi

Di dalam dunia fotografi, terdapat aturan-aturan yang harus ditaati agar foto yang dihasilkan tidak bersifat netral. Rules of thirds merupakan salah satu aturan yang berlaku dalam dunia fotografi. Rules of thirds atau aturan sepertiga adalah komposisi yang didapatkan dengan membagi bidang gambar dalam tiga bagian yang sama besar dan proposional baik horizontal maupun vertikal.
Rules of thirds membagi foto menjadi sembilan bagian yang sama, dengan dua garis horizontal dan dua garis vertikal dengan ruang sama. Terdapat empat titik pertemuan pada keempat garis. Jadi, apabila kita menempatkan point of interest sebuah foto di salah satu titik, maka secara keseluruhan foto akan lebih balance dan enak dilihat.
Objek tidak perlu diisi semua secara bersamaan, cukup salah satu saja.  Mata manusia secara natural tertuju pada salah satu titik tengah foto. Sehingga foto yang disusun dengan komposisi rules of thirds lebih enak di mata karena sejalan dengan cara mata melihatnya.
Aturan ini cocok untuk pemula mengeksplorasi penempatan subjek foto selain di tengah saja. Hasil foto yang mengikuti aturan ini biasanya terlihat lebih dinamis dan menarik.


Pada foto tersebut, saya menempatkan sebuah miniatur mobil pada garis sebelah kiri serta background-nya yang ditempatkan di garis sebelah kanan. Dengan penempatan demikian , komposisi menjadi seimbang antara mobil dengan background.

Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar