Apa Perbedaan Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR?

Kamera merupakan alat yang digunakan untuk mengabadikan momen. Seiring berjalannya waktu, kamera terus mengalami kemajuan. Salah satunya adalah kamera mirrorless. Lalu apakah ada perbedaan yang cukup mencolok antara kamera mirrorless dengan kamera DSLR?
Kamera mirrorless merupakan kamera yang sedang trend tahun-tahun belakangan ini. Disebut kamera mirrorless karena kamera ini tidak memakai cermin untuk memantulkan gambar dari lensa ke view finder sehingga disebut mirrorless atau "tanpa cermin".


Tidak seperti Mirrorless, kamera DSLR justru mempunyai cermin untuk memantulkan gambar ke view finder. Apabila kita mencopot lensa kamera, di dalam kamera itu terdapat cermin yang dipasang cermin. Sebenarnya cermin itu sudah ada sejak era fotografi film. Cermin itu wajib berada di dalam kamera karena hanya itulah "komunikasi" antara dunia nyata dengan mata fotografer.

Pada era fotografi digital ini, cermin sudah tidak terlalu diperlukan lagi. Sensor kamera sudah menjadi pengganti dari cermin kamera karena sensor kamera bisa langsung mengirimkan gambar baik ke layar LCD maupun view finder elektronik.
Cermin di DSLR membutuhkan sistem yang rumit dan harus sangat akurat. Akibatnya, ada harga tambahan yang harus dibayar pembeli kamera. Maka, Mirrorless sudah melakukan penghematan dengan pembuangan sistem reflex pada cermin itu sehingga harganya lebih terjangkau. Karena pembuangan sistem cermin itulah yang buat ukuran kamera mirrorless lebih kecil dari kamera DSLR.
Lalu apabila ingin beli kamera, pilih mana : Kamera Mirrorless atau Kamera DSLR?
Tergantung pemakaian. Apabila kita seorang traveler yang lebih suka membawa kamera yang lebih kecil dengan hasil gambar yang baik, kita bisa membeli kamera mirrorless. Untuk memotret benda yang bergerak, seperti olahraga lebih baik menggunakan kamera DSLR yang bisa memotret belasan frame per detik.
Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar