Light Painting : Melukis Dengan Cahaya


Light Painting atau melukis cahaya merupakan salah satu teknik fotografi dengan merekam dan memotret jejak cahaya yang bergerak. Untuk merekam dan memotret cahaya yang bergerak tersebut, kita harus kreatif mengatur shutter speed. Untuk mendapatkan light painting yang sempurna, kita hanya membutuhkan ruangan yang sangat gelap serta kreatifitas yang tinggi.
Biasanya light painting bertujuan untuk menerangi beberapa area pada suatu objek yang akan difoto. Selain itu, kita juga bisa membuat berbagai macam hal yang lebih kreatif dengan menggunakan teknik ini.

Seperti gambar di atas, dengan kreatifitas, kita bisa membuat light painting menjadi lebih menarik.
Untuk mengambil jejak cahaya seperti itu, kita bisa mengaktifkan mode Bulb pada kamera. Mode bulb dipakai saat ingin memotret long exposure yang melebihi 30 detik. Light painting merupakan salah satu teknik dengan menggunakan long exposure. Cara memakai mode ini adalah dengan menekan tombol shutter selama yang kita mau sesuai dengan waktu yang dibutuhkan dalam membuat light painting.
Kita juga membutuhkan sebuah tripod untuk mencegah getaran yang diakibatkan oleh tangan kita. Selain itu, kita harus memakai sumber cahaya, seperti senter, light stick, dan lain sebagainya. Gunakan aperture sebesar f/4 sampai f/8.
Share on Google Plus

About Unknown

Gioabi Fashar menyukai fotografi sejak duduk dibangku SMA kelas 10. Walaupun ia masih amatir, ia tetap ingin berbagi ilmu fotografinya lewat artikel di blog ini. Contact : 081310194611
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar